13 Ide Usaha Kuliner yang Menjanjikan dan Kekinian

  • Bagikan
usaha kuliner yang menjanjikan

Sebagai salah satu kebutuhan primer manusia, usaha di bidang kuliner tentu tidak akan pernah ada matinya. Jenis usaha ini juga tidak mengenal tren ataupun fenomena tertentu. Kapan saja dan bagaimanapun trennya, usaha makanan akan selalu memiliki pasarnya tersendiri. Tidak heran jika semakin banyak orang yang mencari ide usaha kuliner yang menjanjikan.

Meski begitu, perlu Anda pahami bahwa meski memiliki pasar yang besar namun persaingan di bidang kuliner juga sangat besar. Jika Anda tidak pandai memilih ide usaha maka akan sulit untuk memenangkan persaingan dan meraih kesuksesan. Untuk itulah, Anda harus pandai memilih ide usaha. Lalu, apa saja ide usaha kuliner yang menjanjikan itu?

13 Ide Usaha Kuliner yang Menjanjikan

Inilah beberapa ide usaha di bidang kuliner yang bisa Anda tekuni:

1. Dimsum

Ide usaha yang pertama adalah berjualan dimsum. Pada dasarnya, dimsum merupakan sejenis camilan yang berasal dari Tiongkok dan sudah sangat populer di Indonesia. Dimsum juga bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai restoran Chinese. Penggemar dimsum juga terkenal sangat banyak karena rasanya yang enak dan juga unik.

Jika Anda ingin ide usaha yang banyak peminatnya, dimsum tentu bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Anda juga bisa memilih berbagai jenis dimsum untuk Anda jual, karena memang ada banyak sekali jenis dimsum yang bisa Anda pilih. Mulai dari siumai, pangsit sum, hakau, bakpao, mantau, lumpia, dan lain sebagainya.

2. Toast dan Sandwich 

usaha kuliner yang menjanjikan
(sumber gambar: liputan6.com)

Anda juga bisa memilih makanan western untuk usaha kuliner seperti toast maupun sandwich. Hidangan ini akan menggunakan roti dan juga pilihan bahan yang beragam sebagai topping maupun isiannya. Mulai dari telur, sosis, daging, sayuran, dan lain sebagainya.

Tidak selalu memiliki rasa gurih, toast dan sandwich juga bisa Anda modifikasi dengan rasa pedas maupun manis. Tentunya dengan mengganti isian dengan rasa yang manis seperti coklat maupun buah-buahan yang lain. Anda juga bisa menjalankan usaha ini dengan sistem waralaba dengan memanfaatkan franchise toast yang sudah memiliki nama.

3. Restoran Seafood 

Ide usaha kuliner yang menjanjikan selanjutnya adalah dengan membuka restoran seafood. Hidangan ini tentu akan selalu memiliki peminatnya sendiri, tidak heran jika usaha yang menyajikan makanan laut akan selalu ramai. Beberapa menu yang bisa Anda sajikan misalnya adalah cumi saus padang, kepiting telur asin, ikan bakar, udang mentega, maupun menu lainnya.

4. Cilok Pedas

Salah satu cemilan yang saat ini sangat naik daun adalah cilok. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang gurih, membuat siapa saja pasti menyukai camilan ini. Apalagi jika Anda memodifikasinya menjadi hidangan gurih yang pedas. Tentu akan jauh lebih banyak orang yang tertarik karena rasanya yang pedas. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memodifikasi isi cilok, misalnya dengan menggunakan daging sapi, ayam, sosis, atau telur sebagai isiannya. Semuanya hanya tinggal menyesuaikan kreativitas dan inovasi Anda.

5. Pisang Nugget

Camilan lain yang banyak sekali peminatnya adalah pisang nugget. Bahan utama dari camilan ini adalah pisang yang nantinya harus Anda olah sebagai nugget. Cara pembuatannya yang mudah dengan hasil akhir yang memiliki rasa luar biasa, membuat banyak orang menyukai hidangan ini.

Sebagai penjual, Anda juga bisa berkreasi dan berinovasi sebebas mungkin dengan toppingnya. Beberapa topping yang banyak masyarakat sukai adalah keju, matcha, coklat, kacang almond, chocochips, dan lain sebagainya. Harga jual dari camilan ini juga tergolong bagus sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan dengan berjualan camilan ini.

6. Kebab Turki

Salah satu hidangan asal Turki yang sangat populer di Indonesia adalah kebab. Penyajian kebab adalah menggunakan kulit tortilla yang kemudian diisi dengan berbagai bahan didalamnya. Mulai dari daging sapi asap, mayonaise, sayuran tomat, selada, bawang bombay, serta saus tomat dan sambal.

Perpaduan dari berbagai bahan ini ketika Anda gigit bisa menghadirkan rasa yang sangat unik dan lezat. Tidak heran jika kebab menjadi salah satu menu favorit Timur Tengah masyarakat. Anda bisa memulai usaha kebab dengan membuka kedai kecil atau dengan bergabung dengan waralaba merk kebab Turki yang sudah ada di Indonesia.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online dari Nol dengan Modal Minim

7. Makanan Nusantara

Ide usaha kuliner yang menjanjikan lainnya adalah dengan berjualan makanan Nusantara. Makanan Nusantara daerah yang sangat beragam di Indonesia tentu bisa menjadi peluang usaha tersendiri. Apabila Anda memiliki skill untuk memasak menu masakan dari daerah tertentu, tentu usaha ini layak untuk Anda coba. Beberapa masakan yang bisa Anda pilih adalah masakan padang, ayam betutu, soto banjar, gudeg, mie aceh, ayam taliwang, ayam pinandar, dan masih banyak lagi.

8. Dessert Box 

Saat ini dessert box memiliki tempat dan peminatnya tersendiri. Camilan yang satu ini memiliki daya tarik utama yaitu rasanya yang sangat manis dan juga bisa membangkitkan mood. Dalam satu box, Anda bisa merasakan beberapa lapisan bahan yang berbeda. Mulai dari lapisan kue bolu, cream, dan juga topping coklat. Tidak hanya tersaji dalam varian coklat, Anda juga bisa melakukan inovasi rasa. Mulai dari matcha, red velvet, strawberry, oreo, regal, dan lain sebagainya.

9. Rokupang

usaha kuliner yang menjanjikan
(sumber gambar: betanews.id)

Ide usaha kuliner lain yang layak untuk Anda coba adalah rokupang. Menu camilan ini adalah singkatan dari Roti Kukus atau Panggang. Banyak orang yang menyukai camilan ini karena bisa menjadi alternatif yang sangat lezat ketika Anda bosan dengan hidangan roti bakar yang itu-itu saja. Pembeli bisa bebas memilih cara penyajian sesuai keinginan mereka, apakah itu di kukus atau panggang. Untuk isian roti juga bisa pembeli pilih dengan bebas, seperti oklat, srikaya, matcha, maupun pilihan rasa lainnya.

10. Kue Cubit

Jenis kue lain yang juga sangat populer sebagai camilan adalah kue cubit. Banyak orang menyukai hidangan karena rasanya yang tidak hanya enak namun juga legit ketika Anda makan. Menu kue cubit juga bisa Anda variasikan pada pilihan toppingnya maupun rasa untuk adonannya.

Anda bisa menjual kue cubit ini dengan menggunakan gerobak yang kemudian Anda jual di berbagai lokasi yang ramai. Misalnya dekat dengan area taman, sekolah, maupun tempat ramai lainnya. Dengan cara seperti itu, maka kue cubit akan sangat ramai peminatnya.

11. Seblak

Seblak adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang sangat terkenal di Indonesia. Bahan bakunya yang unik yaitu dari kerupuk dan juga rasanya yang pedas membuat banyak orang ketagihan. Selain kerupuk, di dalam seblak juga terdapat aneka bahan tambahan lain seperti telur, sosis, bakso, makaroni, mie, dan lain sebagainya.

12. Nasi Gila

Untuk ide yang satu ini adalah hidangan yang mirip dengan nasi goreng. Perbedaan kedua menu ini adalah pada cara memasak topping atau isiannya. Nasi goreng langsung Anda masak dengan berbagai bahan lain. Sementara nasi gila, Anda harus memasak toppingnya secara terpisah. Karena unik dan rasanya yang lezat, tidak heran jika banyak orang yang sangat menyukai nasi gila.

13. Croffle

Satu lagi camilan yang saat ini sedang tren dan banyak peminatnya. Camilan ini merupakan variasi dari hidangan croisant dan juga waffle, gabungan keduanya menghasilkan croffle. Menu ini sangat viral karena banyak orang yang penasaran bagaimana bisa sebuah croisant menjadi bentuk waffle. 

Rasa dari croffle juga terbilang sangat unik yaitu perpaduan antara manisnya croisant namun dalam tekstur renyah waffle. Ketika memakan croffle, Anda bisa mencelupkannya pada berbagai saus dengan rasa yang berbeda. Mulai dari coklat, matcha, strawberry dan lain sebagainya.

Karena popularitasnya yang sangat tinggi, camilan satu ini bisa Anda pilih sebagai ide usaha kuliner yang sangat menjanjikan. Anda juga bisa menjual croffle satu paket dengan minuman seperti kopi dan menjualnya di cafe. Tentu perpaduan antara keduanya sangat cocok untuk menemani waktu nongkrong anak muda di cafe.

Nah, itulah berbagai ide usaha kuliner yang menjanjikan saat ini. Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia usaha kuliner maka bisa menjadikan daftar ini sebagai referensi dan inspirasi. Kuncinya adalah berani memulai usaha, promosi dengan maksimal, kerja keras, dan tidak pantang menyerah. Dengan formula tersebut, maka usaha kuliner yang Anda jalankan bisa meraih kesuksesan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.