11 Usaha Menjanjikan untuk Pemula Paling Potensial di 2022!

  • Bagikan
usaha menjanjikan untuk pemula

Memasuki akhir tahun 2021, tentu akan membuka kesempatan dan peluang baru bagi para pengusaha pemula. Ada banyak ide usaha menjanjikan pemula yang layak Anda pertimbangkan dan coba. Berbagai usaha ini juga memiliki prospek dan potensi yang bagus di tahun 2022 nanti. Lalu, apa sajakah ide usaha tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

11 Usaha Menjanjikan untuk Pemula di Tahun 2022

Di tahun 2022 nanti, kita semua masih berada di kondisi terkena pandemi akibat wabah virus Corona. Meski sudah mengalami penurunan dan tren kasus yang terus menurun, akan tetapi bayang-bayang pandemi belum sepenuhnya hilang. Kegiatan di luar rumah kemungkinan besar masih akan terbatas bagi siapa saja.

Bidang usaha juga masih merasakan dampak yang cukup besar akibat pandemi ini. Sektor usaha di bidang makanan sehat, obat-obatan, perlengkapan kesehatan, dan jasa online kemungkinan besar masih akan merajai ide usaha yang laris manis di 2022 nanti. Meski begitu, tentu masih ada usaha lain yang layak Anda pertimbangkan di 2022 nanti. Inilah usaha menjanjikan untuk pemula selengkapnya:

1. Personal Trainer atau Pelatih Olahraga Virtual

Di tengah kondisi pandemi, maka banyak orang yang harus merelakan waktunya untuk pergi ke gym atau pusat kebugaran menjadi terhalang. Opsi terbaik demi kesehatan tentunya adalah berolahraga di rumah saja. Nah, kondisi ini bisa memunculkan peluang baru yang sangat menjanjikan yaitu sebagai pelatih olahraga atau personal trainer namun dengan sistem virtual.

Jadi, ketika Anda menjadi pelatih olahraga virtual Anda akan memanfaatkan berbagai aplikasi video call untuk mengajar murid. Seperti misalnya Zoom, Google Meet, dan lain sebagainya. Nah, semua peserta kursus olahraga nantinya bisa tetap menjalankan kegiatan olahraga mereka di rumah tanpa harus menuju lokasi Anda. Sebab Anda sebagai pelatih akan memandu gerakannya melalui aplikasi video call tadi.

2. Les Pelajaran Virtual

usaha menjanjikan untuk pemula
(sumber gambar: blob.core.windows.net)

Tidak hanya untuk bidang olahraga dan kesehatan, pendidikan juga mengalami dampak cukup besar karena pandemi. Kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi terhambat dan kegiatan pelajaran menjadi tidak maksimal. Di tahun 2022 nanti, kegiatan pendidikan juga sepertinya belum bisa terjadi secara tatap muka seluruhnya.

Inilah yang bisa Anda manfaatkan dengan membuka jasa les pelajaran secara virtual. Anda bisa membuka kelas dan memanfaatkan aplikasi seperti Google Meet maupun Zoom untuk mengajar siswa. Potensi usaha ini terbilang sangat besar karena setiap orang tua pasti menginginkan pelajaran bagi buah hati bisa tetap maksimal meski bersekolah di rumah.

3. Usaha Berjualan Pakaian Muslim dan Hijab

Usaha menjanjikan untuk pemula selanjutnya adalah berjualan pakaian muslim dan juga hijab. Kebutuhan akan pakaian muslim dan hijab memang akan selalu tinggi. Ini tidak bisa Anda lepaskan dari fakta bahwa jumlah penduduk di Indonesia mayoritasnya beragama Islam. Untuk itulah usaha di bidang ini akan senantiasa memiliki pasarnya tersendiri.

4. Jasa Fotografer dan Videografer Acara

Bagi Anda yang memiliki skill di bidang foto dan video, maka usaha ini akan sangat sesuai untuk Anda. Meski saat ini kegiatan di luar rumah masih terbatas dan acara besar masih terbatas, namun usaha ini tetap sangat berprospek untuk Anda jalankan di tahun 2022. Sebab, acara-acara besar sudah mulai bisa masyarakat lakukan lagi dengan protokol kesehatan.

Sementara itu, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mendokumentasikan sendiri acara mereka. Untuk itu, ide usaha ini sangat menarik untuk Anda jalankan. Baik itu untuk acara besar seperti pernikahan, ulang tahun, pre-wedding, maupun acara lainnya.

5. Usaha Waralaba atau Franchise 

Franchise atau waralaba akan selalu menjadi salah satu model usaha yang menjanjikan. Keunggulan utama dari model bisnis ini adalah kemudahan dalam kegiatan operasionalnya. Sebab, Anda hanya tinggal mengeluarkan sejumlah modal untuk membeli franchise dan kemudian Anda akan mendapatkan paket usaha yang lengkap. Mulai dari nama usaha, media untuk berjualan, SOP untuk menjalankan usaha.

Saat ini usaha waralaba yang paling banyak peminatnya adalah di bidang minuman dan makanan kecil atau snack. Anda bisa menikmati sistem bisnis yang mudah dan tinggal Anda jalankan jika menggunakan waralaba. Tentunya sangat menarik bukan?

Baca Juga: Panduan dan Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Sampai Sukses

6. Membuka Toko Kelontong atau Sembako

Usaha menjanjikan untuk pemula selanjutnya adalah dengan membuka toko kelontong. Jenis usaha yang satu ini juga akan selalu banyak peminatnya karena pada dasarnya, toko kelontong atau sembako akan menjual berbagai kebutuhan pokok masyarakat. Jadi jalannya usaha ini tidak akan terpengaruh oleh tren usaha apa yang sedang berkembang.

Akan selalu banyak orang yang membutuhkan bahan-bahan dan kebutuhan pokok. Untuk itu usaha toko kelontong tetap layak untuk Anda coba di tahun 2022 nanti. Anda juga bisa memanfaatkan halaman rumah atau teras untuk membangun sebuah toko kelontong kecil.

7. Usaha Kuliner Makanan Sehat

usaha menjanjikan untuk pemula
(sumber gambar: thehoneycombers.com)

Ide usaha menjanjikan untuk pemula selanjutnya adalah berjualan makanan sehat. Seperti yang Anda tahu, akibat pandemi virus Corona ini kesadaran masyarakat akan hidup sehat memang semakin meningkat. Nah, gaya hidup sehat ini bisa mulai dari memilih dan mengonsumsi makanan yang sehat juga.

Sayangnya tidak semua orang memiliki waktu untuk menyiapkan makanan sehat. Inilah yang harus Anda manfaatkan untuk ladang usaha. Anda bisa menjual produk makanan sehat yang terbuat dari bahan-bahan organik dan minim bahan penambah rasa kimia. Jadi, masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk memasak hidangan yang sehat bisa langsung membeli produk makanan dari Anda.

8. Jual Minuman Sehat

Tidak hanya makanan sehat, usaha minuman yang sehat juga akan semakin dicari di tahun 2022 nanti. Minuman sehat seperti jus, infused water, bahkan jamu tradisional akan banyak sekali peminatnya. Inilah yang harus Anda manfaatkan sebagai peluang usaha menjanjikan untuk pemula yang laris manis.

9. Berjualan Suplemen dan Peralatan Kesehatan

Bidang kesehatan memang akan masih merajai ide usaha yang laris manis di tahun 2022 mendatang. Nah, peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan berjuala produk suplemen kesehatan maupun perlengkapan kesehatan lainnya. Seperti masker, handsanitizer, dan lain sebagainya.

Masyarakat tentu akan membutuhkan suplemen untu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sementara itu, produk peratan kesehatan seperti masker dan handsanitizer menjadi bagian penting dari protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Tidak heran jika usaha ini akan memiliki pasar yang besar di tahun 2022 nanti.

10. Jasa Pembuatan Website

Saat ini kehadiran website memang terbilang sangat penting. Anda yang merupakan pengguna internet aktif tentu akan sangat menyadari hal ini. Tidak hanya sebagai media untuk berbagi informasi, website juga akan sangat berperan penting dalam marketing digital atau pemasaran digital. Sebab, promosi menggunakan website terbilang sangat efektif.

Selain itu, di era bisnis online yang sangat pesat website juga berguna seperti sebuah toko. Website ini akan menjadi tempat bagi pelanggan untuk melihat produk yang Anda jual sekaligus sebagai tempat untuk melakukan transaksi. Sayangnya, tidak semua orang bisa untuk membuat dan membangun sendiri website yang profesional untuk kebutuhan mereka.

Nah, inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai ladang mencari penghasilan. Terutama bagi Anda yang memang memiliki skill di bidang IT. Anda bisa melayani pembuatan website bagi kebutuhan marketing, pribadi, maupun website perusahaan atau lembaga. Keuntungan yang bisa Anda raih dari usaha ini juga terbilang menjanjikan sebab kemampuan di bidang ini memiliki harga yang cukup tinggi untuk tiap projectnya.

11. Usaha Pertanian Organik

Ide usaha menjanjikan untuk pemula yang terakhir adalah usaha pertanian organik. Bagi Anda yang memiliki passion di bidang pertanian tentu akan sangat cocok dengan usaha ini. Anda bisa memilih untuk menjual perlengkapan atau kebutuhan bercocok tanam secara organik atau menjual hasil pertanian yang organik. Semuanya bisa Anda pilih tergantung preferensi.

Nah itulah beberapa ide usaha menjanjikan untuk pemula yang bisa Anda pilih. Di tahun 2022, berbagai ide usaha ini memiliki prospek dan potensi yang sangat besar. Jadi, Anda tidak perlu ragu dan khawatir akan prospeknya.

Barengi dengan kerja keras, disiplin, dan konsistensi yang tinggi supaya usaha Anda bisa berjalan baik. Sebab, tanpa adanya kerja keras dan konsistensi, sebagus apapun usaha Anda tidak akan bisa berkembang dengan baik. Jadi, manakah usaha yang ingin Anda jalankan?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.