Rekomendasi Usaha Modal 5 Juta Paling Berprospek, Apa Saja?

  • Bagikan
usaha modal 5 juta

Siapa bilang memulai usaha harus menyediakan modal yang besar? Karena sebenarnya ada banyak sekali usaha modal 5 juta yang bisa Anda jalankan. Meski bermodal kecil, bukan berarti usaha-usaha ini tidak berprospek dan menguntungkan lho. Sebaliknya, jika Anda bisa mengelola dan menjalankan berbagai usaha ini dengan baik maka keuntungan yang Anda hasilkan juga menjanjikan. Lalu, apa saja usaha tersebut?

Rekomendasi Usaha Modal 5 Juta

Inilah berbagai rekomendasi usaha dengan besar modal hanya 5 juta yang paling berprospek untuk Anda:

1. Usaha Katering Rumahan

usaha modal 5 juta
(sumber gambar: pinterest.com)

Rekomendasi usaha pertama yang bisa Anda mulai dengan modal 5 juta adalah katering rumahan. Sebagai kebutuhan primer manusia, usaha di bidang kuliner tidak akan pernah ada matinya. Akan selalu ada permintaan yang tinggi terhadap usaha ini. Tidak heran jika katering rumahan bisa menjadi usaha yang berprospek untuk Anda. Apalagi usaha ini juga tidak selalu membutuhkan modal yang besar.

Untuk membuka sebuah usaha katering rumahan, besarnya modal yang harus Anda siapkan berkisar pada angka 3 juta sampai 4 juta rupiah. Rincian modal ini akan Anda keluarkan untuk membeli beberapa perlengkapan utama. Mulai dari kompor gas, gas LPG untuk memasak, alat makan, peralatan untuk memasak, kotak makan, bahan-bahan masakan, dan juga untuk biaya promosi.

Karena berada pada taraf rumahan, karyawan juga tidak terlalu Anda butuhkan ketika menjalankan usaha ini. Sebaliknya, Anda bisa meminta bantuan dari anggota keluarga lain untuk berpartisipasi dalam usaha ini. Dengan begitu, biaya yang harus Anda keluarkan untuk menggaji karyawan bisa sangat terpotong dan lebih terjangkau.

Kisaran Modal: 3 – 4 juta rupiah

2.  Laundry Kiloan Rumahan

Ide usaha modal 5 juta selanjutnya yang bisa Anda jalankan adalah usaha laundry. Pola masyarakat yang saat ini semakin sibuk, membuka peluang usaha ini juga semakin besar. Pasalnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk mencuci sendiri pakaian mereka. Solusinya, tentu mereka akan mencari jasa laundry kiloan.

Untuk besar modal yang Anda keluarkan juga tidak sampai 5 juta rupiah. Modal ini nantinya akan Anda alokasikan untuk membeli mesin cuci dan peralatan mencuci baju lainnya. Mulai dari detergen, pewangi pakaian, dan pelembut pakaian. Kisaran modal yang harus Anda keluarkan mungkin hanya 4 jutaan saja.

Usaha ini juga akan semakin ramai jika Anda memiliki lokasi rumah yang berada di dekat kawasan strategis. Contohnya seperti perumahan, kampus, dan perkantoran. Tentu peluang adanya pelanggan untuk datang dan menggunakan jasa laundry Anda akan menjadi semakin besar.

Tidak hanya pakaian, Anda juga bisa menambahkan lingkup layanan laundry agar pelanggan semakin betah. Mulai dari cuci selimut, boneka, sampai dengan sepatu dan helm. Semakin lengkap layanan yang Anda tawarkan, maka makin besar juga potensi usaha laundry Anda untuk ramai pelanggan.

Kisaran Modal: 4 juta rupiah

3. Reseller 

Salah satu usaha yang tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya adalah reseller. Usaha ini membutuhkan modal yang kecil karena produk yang Anda jual sudah tersedia oleh supplier. Tugas Anda hanyalah menyetorkan sejumlah modal kepada supplier, mengambil barang, dan menjual lagi barang tersebut. Tentunya usaha ini akan lebih murah daripada harus memproduksi produk sendiri bukan?

Untuk besaran modal, nantinya akan tergantung pada kebijakan masing-masing supplier yang akan Anda ajak untuk bekerja sama. Namun umumnya, modal untuk menjadi seorang reseller tidak akan lebih dari 5 juta rupiah. Bahkan bisa tidak sampai 3 juta rupiah untuk produk-produk yang memang tidak terlalu mahal. Misalnya untuk reseller masker kain.

Setelah mendapatkan pasokan barang dari supplier, maka Anda tinggal menjualnya kembali ke pelanggan. Tentunya dengan harga sedikit lebih tinggi dari harga dari supplier. Selisih harga inilah yang akan menjadi sumber keuntungan Anda. Dalam menjalankan usaha ini, Anda membutuhkan keahlian untuk promosi yang gencar agar produk yang Anda jual bisa laris.

Kisaran Modal: 1 sampai 3 juta rupiah 

Baca Juga: Cara Promosi Online Shop di Facebook yang Jitu Tarik Pelanggan

4. Dropship 

usaha modal 5 juta
(sumber gambar: reddoorz.com)

Selain reseller, usaha yang bisa Anda mulai dengan modal kecil adalah dropship. Bahkan usaha ini tidak membutuhkan modal sama sekali lho. Kok bisa? Ya, karena sebagai dropship, Anda hanya bertugas untuk mempromosikan produk dari supplier. Berbeda dengan reseller yang harus mengeluarkan modal untuk mendapatkan produk untuk dijual kembali.

Anda tidak membutuhkan modal apapun untuk memulai dropship. Semua urusan produk, mulai dari pengemasan hingga pengiriman produk tetap menjadi tanggung jawab dari supplier. Sementara Anda hanyalah mempromosikannya saja. Semakin banyak orang yang berhasil Anda ajak untuk membeli produk dari supplier, maka semakin besar pula keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Kisaran Modal: 0 rupiah 

5. Usaha Bimbingan Belajar atau Les Privat

Usaha modal 5 juta selanjutnya yang bisa Anda jalankan adalah bimbingan belajar atau les privat. Akan selalu ada orang yang mencari jasa les privat dan juga bimbingan belajar, terutama untuk anak-anak mereka. Nah, inilah yang bisa Anda ambil sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Terutama bagi Anda yang merupakan lulusan dari universitas atau sarjana dalam bidang tertentu.

Kisaran modal yang harus Anda keluarkan adalah sekitar 3 juta rupiah. Modal ini nantinya akan Anda alokasikan untuk membeli beberapa perlengkapan. Mulai dari alat tulis, buku-buku pelajaran, papan tulis, kursi dan meja belajar. Perlengkapan inilah yang sangat krusial untuk usaha bimbel atau les privat. Karena pada dasarnya yang akan lebih penting untuk memulai usaha ini adalah skill yang Anda miliki.

Kisaran Modal: 3 juta rupiah 

6. Berjualan Makanan Ringan

Siapa sih yang tidak suka ngemil? Rasanya, siapa pun pasti akan selalu suka ngemil dan akan terus mencari cemilan yang enak. Nah, inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha makanan ringan atau snack. Jenis makanan ringan yang Anda jual juga nantinya sangat variatif.

Anda bisa menyesuaikan dengan tren makanan ringan apa yang sedang banyak peminat pada saat itu. Misalnya makanan ringan yang sedang tren saat itu adalah keripik kaca. Maka, Anda bisa mengambil peluang untuk menjual keripik kaca juga. Jumlah modal yang harus Anda keluarkan nantinya juga akan bergantung pada harga bahan-bahan baku untuk membuat keripik kaca dan peralatan yang harus Anda beli.

Akan tetapi, unumnya modal yang harus Anda keluarkan tidak terlalu besar. Hal ini bisa dimaklumi karena memang harga untuk membuat makanan ringan terbilang lebih murah daripada makanan lainnya.

Kisaran Modal: 2 juta sampai 3 juta rupiah 

7. Budidaya Ikan Lele

Usaha modal 5 juta selanjutnya adalah budidaya ikan lele. Untuk menjalankan budidaya ini, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar lho. Sebab, harga bibit dan pakan untuk budidaya lele memang terbilang lebih terjangkau daripada jenis ikan lainnya. Bahkan andai kata Anda hanya memiliki modal sebesar 5 juta rupiah saja, usaha ini sudah bisa Anda jalankan.

Nantinya modal yang Anda siapkan, harus Anda alokasikan untuk membeli beberapa peralatan penting. Mulai dari untuk pembuatan kolam terpal, benih ikan lele, pakan ikan lele, dan juga obat-obatan tambahan yang bisa mendukung pertumbuhan ikan lele. Kisaran modal yang habis adalah sekitar 4,5 juta rupiah saja. Jadi, sangat terjangkau bukan?

Kisaran Modal: 4 juta sampai 5 juta rupiah 

8. Usaha Jasa Jahit

Rekomendasi usaha modal 5 juta selanjutnya adalah jasa jahit. Ini adalah salah satu usaha rumahan yang banyak sekali peminatnya. Pasalnya, memang tidak semua orang memiliki kemampuan untuk memperbaiki sendiri pakaian mereka yang rusak atau membuat baju untuk acara tertentu. Nah, jika Anda memiliki skill dalam menjahit, maka bisa menjadikan usaha ini sebagai opsi yang tepat.

Nantinya, alokasi modal yang Anda siapkan adalah untuk membeli peralatan menjahit. Mulai dari mesin jahit biasa, mesin jahit obras, peralatan jahit (benang, jarum, kain), dan lain sebagainya. Umumnya, usaha jasa jahit rumahan skala kecil hanya membutuhkan modal sekitar 3 juta sampai 4 juta rupiah.

Kisaran Modal: 3 juta sampai 4 juta rupiah

Nah, itulah beberapa rekomendasi usaha modal 5 juta rupiah yang bisa Anda tekuni. Semua usaha ini memiliki pasar yang bagus dan juga prospek yang cerah. Meski terdengar sepele, nyatanya berbagai usaha ini bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan untuk Anda. Kuncinya adalah bagaimana Anda bisa menjalankannya dengan konsisten, kerja keras, dan konsisten.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.