Intip Daftar Usaha Rumahan yang Lagi Trend di 2021 Berikut Ini Yuk!

  • Bagikan
usaha-rumahan-yang-lagi-trend

Usaha rumahan menjadi salah satu peluang usaha yang sangat potensial saat ini. Terutama sejak adanya pandemi covid-19 yang memaksa Anda berada di rumah. Ada banyak usaha yang bisa Anda lakukan di rumah saja tanpa harus keluar, namun tetap menjanjikan keuntungan lumayan. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, maka Anda bisa mengintip daftar usaha rumahan yang lagi trend berikut ini. Dengan begitu, Anda bisa tahu usaha apa saja yang masih memiliki peluang yang sangat besar. Yuk, simak daftar lengkapnya!

Daftar Usaha Rumahan yang Lagi Trend di 2021

Inilah beberapa usaha rumahan yang bisa Anda coba:

1. Makanan Frozen Homemade 

usaha-rumahan-yang-lagi-trend
(sumber gambar: kompas.com)

Usaha di bidang kuliner memang tidak akan ada matinya, apalagi makanan frozen. Banyak masyarakat yang menyukai jenis makanan ini karena praktis dan bisa menghemat waktu. Nah, salah satu inovasi yang semakin marak saat ini adalah hadirnya produk frozen food yang homemade dan sehat. Selain praktis, nilai plus dari usaha ini adalah menawarkan higienitas produk dan nutrisi dari produk yang Anda buat.

Jika sebelumnya frozen food hanya praktis dan siap untuk Anda santap, namun dengan produk homemade, Anda bisa mendapatkan makanan praktis yang juga sehat. Tentunya hal ini akan sangat menarik perhatian konsumen yang mencari produk makanan sehat. Terutama setelah kesadaran masyarakat akan pentingnya makanan sehat selama pandemi ini semakin meningkat.

2. Guru Les Privat Pelajaran Sekolah

Usaha rumahan yang lagi trend selanjutnya adalah guru les privat. Bagi Anda yang merupakan lulusan sarjana atau memiliki kemampuan mengajar, usaha ini adalah peluang yang bagus. Guru les privat pasti sangat orang tua butuhkan untuk memaksimalkan proses belajar anak yang sangat berkurang akibat pandemi. Kebutuhan inilah yang harus Anda manfaatkan semaksimal mungkin.

Anda bisa mengadakan bimbingan belajar secara online yang menggunakan media video call seperti zoom atau google meet. Dengan begitu, Anda tetap bisa memberikan pelajaran kepada murid-murid meski tetap berada di rumah masing-masing. Untuk kategori les privat sendiri bisa Anda sesuaikan dengan skill Anda. Apakah untuk anak SD, SMP, ataupun SMA.

3. Penulis Lepas atau Freelance Writer 

Bagi Anda yang memiliki skill maupun hobi untuk menulis, maka jangan sia-siakan hal itu. Sebab, keahlian dan hobi yang Anda punya bisa Anda ubah menjadi sebuah usaha yang menghasilkan keuntungan lho. Anda bisa mencoba profesi sebagai freelance writer atau penulis lepas yang menulis artikel untuk kebutuhan konten website dan digital marketing.

Seiring berkembangnya sektor digital marketing, kebutuhan akan artikel dan tulisan yang berkualitas juga meningkat. Inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan. Anda hanya membutuhkan skill, laptop, dan koneksi internet agar bisa berhasil dalam usaha ini. Untuk langkah awal, buatlah banyak portofolio hasil tulisan yang Anda buat. Inilah yang nantinya bisa memberikan gambaran pada para calon client tentang kualitas tulisan yang bisa Anda buat.

Untuk fee atau penghasilan yang Anda dapatkan juga akan bergantung pada jumlah artikel yang bisa Anda tulis perharinya. Usaha ini bisa menghasilkan keuntungan yang besar apabila Anda benar-benar konsisten dan tekun dalam memulainya. Sebab, mencari client awal memang membutuhkan usaha dan waktu yang cukup besar.

4. Freelance Graphic Designer atau Desain Grafis Lepas

Selain kemampuan menulis, Anda yang memiliki kemampuan untuk menggambar dan membuat desain yang bagus juga bisa mencoba profesi desain grafis lepas. Sektor digital marketing tidak hanya membutuhkan tulisan saja, namun juga visualisasi yang bagus dan mampu menarik perhatian calon pelanggan. Nah, tugas Anda sebagai desain grafis adalah menyediakan gambar yang bisa berguna untuk kebutuha promosi.

Lingkup dari usaha ini juga terbilang luas. Mulai dari pembuatan animasi 3D, banner iklan, logo perusahaan, bahkan kaos bergambar. Langkah awal untuk memulai usaha ini kurang lebih sama seperti penulis lepas, yaitu membuat portofolio.

Buatlah hasil gambar yang menarik dan kumpulkan sebagai portofolio Anda. Inilah yang akan menarik perhatian client apakah akan menggunakan jasa Anda atau tidak. Untuk fee atau bayaran yang Anda peroleh nantinya bisa Anda tentukan sendiri berdasarkan tingkat kerumitan desain dan jenis desain yang harus Anda buat. Semakin banyak client yang Anda dapatkan, maka penghasilan juga akan semakin besar.

Baca Juga: Inilah 9 Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan, Apa Saja?

5. Katering Makanan Sehat

Usaha rumahan yang lagi trend di 2021 selanjutnya adalah katering makanan sehat. Seperti yang sudah kami singgung pada bagian sebelumnya, masyarakat memang semakin mencari produk makanan yang sehat. Terutama di masa pandemi ini dimana kesehatan menjadi hal mahal yang harus Anda senantiasa jaga. Nah, inilah yang bisa menjadi peluang Anda untuk membuka katering makanan sehat.

Anda yang memiliki keahlian memasak akan sangat cocok untuk menjalankan usaha ini. Tonjolkan higienitas, kebersihan, nutrisi, dan menu masakan sehat yang Anda buat. Bahan-bahan yang Anda gunakan juga sebisa mungkin adalah bahan organik atau bahan yang premium. Dengan begitu, pembeli akan semakin tertarik untuk memakan katering sehat yang Anda tawarkan.

6. Jual Minuman Sehat

usaha-rumahan-yang-lagi-trend
(sumber gambar: bbc.co.uk)

Usaha selanjutnya yang bisa Anda coba adalah berjualan minuman sehat seperti jamu tradisional atau jus buah. Di masa pandemi seperti saat ini, masyarakat juga akan mencari minuman yang bisa membantu meningkatkan kesehatan mereka. Nah, jus buah maupun jamu tradisional adalah pilihan terbaik untuk mereka konsumsi. Anda harus jeli melihat peluang ini dan beralih menjual produk jus buah atau jamu tradisional.

Untuk jus buahnya Anda bisa mengambil banyak jenis buah. Semakin lengkap maka semakin bagus untuk variasi bagi pembeli. Sementara itu untuk jamu tradisional, Anda bisa membuat sendiri minuman tersebut. Misalnya jamu beras kencur, jamu temulawak, dan lain sebagainya.

Agar lebih modern, Anda juga harus memberikan kemasan atau packaging yang menarik, misalnya dengan menggunakan kemasan botol kaca yang bagus. Selain itu,  untuk memudahkan pembelian, Anda juga bisa memasukkan produk yang Anda buat melalui platform pengantaran makanan seperti Grabfood, Shopee food, maupun Gofood. Dengan begitu, semakin banyak orang yang bisa melihat produk Anda dan bisa membelinya dengan mudah.

7. Jasa MUA (Make Up Artist)

Usaha rumahan yang lagi trend di 2021 selanjutnya akan sangat cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan ataupun passion dalam dunia kecantikan. Banyak orang yang ingin tampil cantik, namun malas melakukan make up sendiri. Apalagi untuk berbagai acara besar seperti pernikahan, ulang tahun, wisuda, dan lain sebagainya. Nah, peluang inilah yang harus Anda manfaatkan untuk mencari keuntungan.

Jadilah seorang MUA atau make up artist yang bisa membantu client tampil cantik di acara besar mereka. Anda nantinya akan mendatangi langsung lokasi client dan melakukan make up di tempat itu. Untuk peralatan make up nya harus Anda bawa sendiri dari rumah untuk hasil yang lebih maksimal.

Selain mendatangi langsung, Anda juga bisa membuka usaha ini di rumah. Kemudian barulah tunggu pelanggan datang ke lokasi Anda agar tampil cantik. Untuk besaran biaya atau fee, bisa Anda tetapkan sesuai dengan kebutuhan acara apa, tingkat kerumitan make up, dan lain sebagainya.

8. Usaha PPOB

PPOB adalah singkatan dari Payment Online Bank. Saat menjalankan usaha rumahan yang lagi trend ini, maka Anda akan menyediakan fasilitas bagi banyak kebutuhan pembayaran. Mulai dari pembayaran tagihan listrik, tagihan air, cicilan kendaraan, bayar pajak, dan lain sebagainya. Anda bisa menjalankan usaha ini di rumah dengan modal laptop dan koneksi internet saja.

Cara untuk memulainya juga tergolong mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan diri untuk menjadi agen. Bisa mitra agen Paytren, Payfazz, maupun Kudo. Setelah itu Anda akan mendapatkan instalasi aplikasi pembayaran di laptop Anda. Barulah Anda bisa melayani pelanggan yang ingin membayar tagihan dengan mudah. Untuk keuntungannya sendiri akan Anda dapatkan dari biaya admin setiap pembayaran yang berlaku.

Itulah informasi tentang beberapa usaha rumahan yang lagi trend di 2021. Di masa pandemi yang membuat tidak bisa keluar rumah, maka Anda harus pintar dalam mencari peluang usaha. Pilihan terbaik tentu adalah menjalankan usaha rumahan. Berbagai rekomendasi yang kami berikan, semoga bisa menjadi inspirasi usaha bagi Anda ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.