8 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya, Apa Saja?

  • Bagikan
usaha rumahan yang tidak ada matinya

Saat persaingan mencari pekerjaan semakin ketat seperti sekarang, menjalankan usaha rumahan bisa menjadi pilihan. Anda bisa membuka usaha yang Anda jalankan di rumah sendiri dengan modal tidak terlalu besar. Keuntungan dari usaha ini juga tidak bisa Anda anggap remeh karena jika tekun, pendapatannya juga akan besar lho. Namun tentu bukanlah hal mudah untuk menentukan usaha yang akan Anda jalankan. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah memilih usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Usaha rumahan ini cenderung menjadi pilihan yang tepat bagi para pemula. Sebab, usaha yang tidak akan ada matinya tidak terpengaruh oleh tren yang sedang berkembang. Kapan saja dan dimana saja, usaha ini akan selalu banyak yang membutuhkan. Resiko Anda untuk merugi juga akan menjadi makin kecil. Lalu, apa sajakah usaha rumahan yang tidak ada matinya itu? Yuk, intip jawabannya berikut ini!

8 Usaha Rumahan yang Tidak Ada Matinya

Inilah beberapa usaha rumahan yang bisa menjadi inspirasi usaha Anda:

1. Usaha Jasa Jahit Pakaian

usaha rumahan yang tidak ada matinya
(sumber gambar: fastpay.co.id)

Rekomendasi usaha pertama adalah usaha jasa menjahit pakaian. Meski terdengar kuno, nyatanya usaha ini akan selalu banyak yang membutuhkan dan tidak akan ada matinya. Sebab, pakaian adalah kebutuhan primer manusia dan jika rusak, tidak semua orang bisa memperbaikinya sendiri. Untuk itulah jasa penjahit akan selalu banyak masyarakat cari.

Usaha ini juga akan sangat cocok untuk Anda yang memang memiliki passion dan juga skill untuk menjahit. Tidak hanya memperbaiki baju, Anda juga bisa melayani pembuatan pakaian seperti seragam sekolan, dress acara-acara penting, dan lain sebagainya. Untuk modal yang Anda butuhkan juga terbilang tidak terlalu besar.

Kunci modalnya adalah pada mesin jahit yang Anda pakai. Jika masih awal, maka Anda bisa membeli 1 (satu) buah mesin jahit saja. Nantinya, jika usaha sudah lebih berkembang dan Anda akan mengembangkannya, Anda bisa membeli mesin jahit tambahan sekaligus merekrut karyawan tambahan.

2. Toko Kelontong

Selanjutnya adalah membuka toko kelontong. Toko ini pada dasarnya akan menyediakan berbagai kebutuhan penting bagi masyarakat. Mulai dari sembako, makanan ringan, hingga kebutuhan lainnya. Inilah mengapa toko kelontong akan selalu banyak masyarakat cari dan butuhkan. Tidak perduli tren apa yang sedang berkembang, toko kelontong tetap sangat potensial untuk Anda jalankan.

Anda bisa memanfaatkan rumah Anda untuk toko ini. Bisa juga dengan membangun bangunan kecil di depan rumah agar lebih rapi dan bisa fokus berjualan. Modal yang harus Anda siapkan memang terbilang agak besar, karena untuk menghadirkan supply bahan jualan awal tentu akan sangat banyak. Namun besarnya modal ini nanti juga akan seiring dengan keuntungan yang Anda dapatkan.

3. Jasa Laundry 

Usaha rumahan yang tidak ada matinya selanjutnya adalah laundry pakaian. Banyak masyarakat yang membutuhkan jasa ini karena tidak memiliki waktu untuk mencuci. Akibatnya, mereka akan lebih memilih menggunakan jasa laundry yang praktis. Agar semakin lengkap layanannya, Anda juga tidak hanya bisa melayani jasa cuci baju saja. Melainkan juga benda lain seperti karpet, selimut, boneka, bahkan hingga sepatu dan juga helm.

Sebab, banyak orang yang cenderung malas untuk mencuci berbagai perlengkapan tersebut. Sebut saja contohnya sepatu dan juga helm. Daripada mencuci sendiri dengan ribet, tentu akan jauh lebih mudah untuk menggunakan jasa laundry bukan? Nah, untuk modalnya sendiri bisa Anda sesuaikan dengan jumlah mesin cuci yang akan Anda beli.

Semakin banyak mesin cuci yang Anda beli tentu modal akan semakin besar. Selain itu Anda juga bisa memilih untuk menggunakan karyawan atau tidak. Jika iya, maka biaya modal yang harus Anda siapkan juga bertambah. Jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan jasa laundry yang akan Anda buka sendiri.

4. Les Privat Pelajaran

Rekomendasi usaha rumahan selanjutnya adalah membuka les privat pelajaran. Banyak orang tua yang lebih memilih mendaftarkan anak mereka untuk les daripada belajar sendiri di rumah. Tujuannya agar belajar lebih optimal dan anak bisa semakin pandai. Nah, inilah yang bisa Anda manfaatkan menjadi usaha yang menguntungkan. Apalagi jika Anda merupakan Sarjana atau lulusan dengan keahlian di mata pelajaran tertentu.

Untuk jenjang les sendiri bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan Anda. Apakah untuk jenjang anak SD, SMP, atau SMA. Mata pelajaran yang Anda buka juga sesuaikan saja dengan kemampuan yang Anda miliki. Usaha ini juga terbilang sangat menjanjikan, terutama jika jumlah murid Anda banyak. Modal juga terbilang kecil dan bahkan hanya bermodalkan kemampuan. Proses belajar pun bisa Anda lakukan di rumah dengan memanfaatkan ruang tamu, teras, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cari Inspirasi Nama Usaha yang Bagus dan Artinya? Yuk, Simak Disini!

5. Usaha Catering Makanan

usaha rumahan yang tidak ada matinya
(sumber gambar: mediaindonesia.com)

Selanjutnya adalah usaha catering makanan yang memang sejak dulu selalu punya potensi yang besar. Tidak perduli tren apa yang sedang booming, catering selalu punya target pasarnya tersendiri. Selain karena makanan adalah kebutuhan primer manusia, banyak orang yang tidak ingin repot memasak sendiri untuk berbagai kebutuhan acara mereka.

Seperti misalnya acara pernikahan, ulang tahun, syukuran, dan lain sebagainya. Namun kondisi pandemi seperti saat ini memang mebuat omset usaha catering rumahan menjadi sedikit turun. Alasannya, karena memang jumlah kegiatan besar di luar rumah menjadi turun. Meski begitu, usaha ini tetap bisa menjadi pilihan ketika pandemi sudah berakhir atau sudah ada izin acara besar di Indonesia.

Untuk modal sendiri tergantung pada usaha catering yang Anda jalankan. Mulai dari peralatan apa saja yang harus Anda beli dan lengkapi, bahan-bahan makanan, dan seberapa besar skala usaha catering Anda. Jangan lupakan juga untuk menghitung biaya operasional lain seperti kendaraan untuk mengirim catering dan biaya gaji karyawan jika Anda memang menggunakan karyawan.

6. Menjadi Agen PPOB

Usaha rumahan yang tidak ada matinya selanjutnya adalah agen PPOB. PPOB adalah Payment Point Online Banking atau agen pembayaran resmi. Jika Anda membuka usaha ini, maka Anda bisa menjadi tempat untuk membayar berbagai tagihan. Mulai dari listrik, PDAM, TV berlangganan, internet, sampai dengan tiket pesawat. Anda akan menjadi seorang agen dan reseller ketika menjalankan usaha ini.

Cara memulai usaha ini juga terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu mendaftarkan diri ke beberapa agen resmi seperti Paytren contohnya. Setelah itu Anda akan mendapatkan instalasi program pembayaran dari mereka. Baru setelah itu Anda bisa menjalankan usaha agen PPOB ini.

7. Counter Pulsa

Jika daerah sektiar tempat tinggal Anda masih sedikit yang menjual pulsa atau counter HP, maka ini adalah peluang bagus untuk Anda. Sebab, counter pulsa adalah toko yang banyak masyarakat butuhkan apalagi saat ini dimana pulsa dan paket internet menjadi kebutuhan yang sangat penting. Sama seperti agen PPOB, ketika mendirikan counter, Anda akan berperan sebagai agen pulsa dari penjual yang lebih besar.

Anda cukup mendatangi counter HP yang lebih besar dan membuka penjualan untuk agen pulsa dan paket data. Setelah itu Anda baru bisa mendapatkan stok pulsa dan paket data internet untuk Anda jual kembali. Selisih harga dari paket internet dan pulsa inilah yang akan menjadi keuntungan Anda.

Untuk jumlah modal bisa Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki dan seberapa banyak saldo pulsa dan paket data yang ingin Anda kulak. Sementara itu untuk lokasi usaha, Anda bisa memanfaatkan rumah untuk membuka counter sederhana.

8. Membuka POM Bensin Mini atau Pertamini

Siapa yang tidak membutuhkan bensin untuk kendaraannya? Inilah yang menjadi alasan mengapa berjualan bensin menjadi usaha yang sangat menjanjikan. Apalagi saat ini Anda bisa berjualan bensin dengan sistem seperti POM mini atau yang populer dengan Pertamini.  Anda bisa memanfaatkan halaman depan rumah untuk mendirikan mesin pengisian BBM. Untuk memulainya Anda cukup mendaftarkan diri ke SPBU terdekat yang besar dan memiliki program reseller POM Mini.

Itulah berbagai rekomendasi usaha rumahan yang tidak ada matinya. Sangat beragam bukan usaha yang bisa Anda pilih? Apalagi untuk menjalankannya Anda bisa memanfaatkan rumah sebagai lokasi usaha. Jadi, bisa lebih fleksibel dan hemat biaya untuk membuka tempat usaha baru. Selamat mencoba dan semoga bisa menjadi inspirasi usaha bagi Anda ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.