8 Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan, Keuntungan Menjanjikan!

  • Bagikan
usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan

Siapa bilang tinggal di desa sama dengan menutup kreativitas dan peluang wirausaha? Stigma seperti ini tentu adalah pandangan yang salah. Sebab, di pedesaan pun masih ada banyak sekali peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga tidak kalah dengan jenis usaha lain yang ada di perkotaan. Meski Anda baru pemula, tidak perlu khawatir karena ada usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Apa saja? Yuk, simakk daftar lengkapnya berikut ini!

8 Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan

Inilah beberapa peluang usaha yang bisa Anda buka di pedesaan:

1. Agen Pulsa dan Paket Data

usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan
(sumber gambar: carabisnispulsa.blogspot.com)

Peluang usaha yang pertama adalah dengan membuka usaha penjualan paket data dan agen pulsa. Biasanya, jika ingin membeli paket data atau pulsa, banyak masyarakat desa yang harus keluar dengan jarak yang cukup jauh dari desa. Sebab belum banyak counter pulsa yang bisa menyediakan kebutuhan internet mereka. Nah, hal ini tentu bisa menjadi peluang usaha yang menggiurkan bagi Anda.

Mengingat kebutuhan masyarakat akan internet juga sangat besar, meski di pedesaan. Internet bukanlah hal yang sulit lagi aksesnya di pedesaan karena sudah banyak provider jaringan di Indonesia yang meluaskan jangkauannya di pedesaan. Untuk itu, peluang usaha menjadi agen pulsa dan paket data bisa menjadi pilihan tepat bagi para pengusaha pemula di pedesaan.

Bila perlu, Anda juga bisa menambah hal yang Anda jual agar usaha ini lebih lengkap. Misalnya dengan menjual berbagai aksesoris HP, perlengkapan terkait HP seperti speaker, headset, casing, dan lain sebagainya. Bahkan Anda juga bisa berjualan HP baru ataupun bekas. Dengan begitu, toko yang Anda miliki menjadi lebih lengkap.

2. Usaha Print dan Fotokopi

Selain pulsa dan paket data, usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan lainnya adalah usaha jasa print dan fotokopi. Mengapa jasa ini sangat potensial? Sebab, di pedesaan umumnya belum banyak orang yang memiliki peralatan berupa printer sendiri. Sementara itu, print dan fotokopi tentu sangat perlu untuk kebutuhan sekolah, kuliah, atau bekerja.

Misalnya, ada tugas sekolah yang mengharuskan tugas itu untuk diprint atau cetak.  Nah, inilah yang menjadi peluang usaha potensial bagi Anda. Anda bisa menawarkan jasa print dan juga fotokopi untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat ini. Cukup siapkan saja printer dengan kualitas yang bagus sekaligus perlengkapan lain seperti kertas, tinta, dan juga komputer.

Jika memang modal Anda masih terbatas untuk membeli mesin fotokopi yang besar, maka Anda bisa memulainya dengan jasa printer saja terlebih dahulu. Barulah jika modal sudah terkumpul, Anda bisa menambah usaha dengan membeli mesin fotokopi.

3. Jual Token Listrik

Tidak hanya pulsa dan paket data saja, menjual token listrik juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan di pedesaan. Mengapa? Sebab saat ini, sudah secara bertahap, masyarakat desa juga memakai sistem listrik menggunakan token atau prabayar. Dengan begitu, jika Anda menyediakan jasa jual token listrik ini, otomatis akan lebih mudah bagi mereka untuk membeli token.

Tingkat kerugian dari menjalankan usaha ini juga terbilang minim karena listrik adalah kebutuhan utama masyarakat.  Pada prinsipnya, Anda juga sama dengan menjadi seorang reseller token listrik. Ini termasuk salah satu usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan yang sangat mudah untuk Anda lakukan.

Caranya, Anda hanya tinggal mencari distributor token listrik PLN yang ada di daerah Anda. Setelah itu, daftarkan diri Anda sebagai agen reseller, dan Anda sudah mulai bisa berjualan. Keuntungan yang Anda dapatkan juga tergolong lumayan jika menjalankan usaha ini.

4. Berjualan Makanan Kekinian

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan selanjutnya adalah usaha makanan kekinian. Makanan ini bisa berupa makanan berat ataupun cemilan. Pada prinsipnya, Anda akan menjual berbagai makanan atau cemilan yang sedang viral dan trend di sosial media di daerah desa Anda.

Misalnya, saat itu sedang tren cemilan khas korea seperti Corn Dog atau Tteokbokki karena demam suatu drama Korea. Pasti banyak masyarakat desa yang juga suka menonton drama Korea mencari makanan ini. Jalan yang mereka ambil biasanya adalah pergi ke kota dan membeli cemilan itu atau membeli secara online. Nah, jika Anda menjualnya juga, maka mereka akan lebih memilih beli di tempat Anda karena lebih dekat. Otomatis akan menghemat biaya mereka juga bukan?

Baca Juga: Contoh Surat Izin Usaha dan Cara Membuatnya yang Baik dan Benar

5. POM Bensin Mini

Peluang usaha lain yang bisa Anda coba saat tinggal di desa adalah dengan membuka POM bensin mini. Umumnya, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU berada di kota atau setidaknya pinggiran kota. Masyarakat desa, harus keluar sedikit jauh ketika ingin mengisi bahan bakar kendaraan mereka. Berangkat dari hal ini, Anda bisa mengambil peluang usaha dengan mendirikan sebuah POM Bensin Mini di rumah Anda.

Sudah ada banyak sekali perusahaan waralaba atau franchise yang menjual bensin. Nah, Anda hanya tinggal mendaftarkan diri sebagai agen POM Bensin mini dan menyetorkan sejumlah biaya. Setelah itu, Anda akan mendapatkan satu paket POM Bensin Mini yang nantinya siap untuk Anda jalankan. Anda bisa menempatkannya di depan rumah supaya aksesnya lebih mudah dan banyak masyarakat yang melihatnya.

6. Toko Kelontong atau Sembako

usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan
(sumber gambar: digination.com)

Usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan selanjutnya adalah toko kelontong atau sembako. Sebagai bahan pangan pokok, sembako tentu akan selalu banyak yang membutuhkan. Hal inilah yang bisa menjadi peluang usaha menjanjika bagi Anda dengan membuka toko kelontong. Tidak hanya sembako, Anda juga bisa memperluas yang Anda jual.

Mulai dari menjual bensin, tabung gas LPG, galon air, bahkan bisa saja menjual token listrik dan pulsa juga di toko kelontong yang Anda miliki. Dengan begitu, toko kelontong yang Anda miliki menjadi lebih lengkap. Pembeli bisa dengan mudah hal yang mereka butuhkan tanpa harus pergi ke tempat yang lebih jauh.

7. Jasa Potong Rambut

Peluang usaha selanjutnya adalah jasa potong rambut atau pangkas rambut. Usaha ini memiliki peluang yang besar juga di pedesaan. Pasalnya, tidak semua orang memiliki kemampuan dan keahlian untuk memotong rambut mereka. Sebagai langkah awal, Anda bisa melakukan pengamatan terlebih dahulu sudah ada berapa banyak jasa potong rambut yang ada di desa Anda.

Apabila hasil pengamatan menunjukkan saingannya masih sedikit, maka peluang ini sangat baik untuk Anda jalankan. Tentunya Anda harus memiliki keahlian untuk memotong rambut terlebih dahulu. Selain itu, untuk lokasinya Anda bisa memanfaatkan space yang kosong di rumah Anda dan merubahnya menjadi tempat potong rambut.

Jika memiliki modal yang lebih, Anda bisa menambahkan pilihan layanan di usaha potong rambut ini. Jadi tidak hanya melayani potong rambut saja, akan tetapi juga jasa lain seperti creambath, smoothing, hingga mewarnai rambut. Bahkan tidak jarang jasa potong rambut yang ada di pedesaan juga sekaligus memberikan jasa make up untuk acara. Dengan begitu, layanan yang Anda tawarkan menjadi semakin lengkap.

8. Agen LPG

Usaha lain yang bisa Anda coba selanjutnya adalah menjadi seorang agen LPG. Jika Anda mendaftarkan diri sebagai agen LPG, maka Anda memiliki izin untuk menyalurkan LPG ke masyarakat. Meski begitu, memang bagian paling sulit untuk memulai usaha ini adalah pada bagian persyaratan administrasi dan pengajuan izin sebagai agen. Namun tentu jika izin sudah Anda dapatkan, usaha ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar bagi Anda.

Nantinya Anda harus mengumpulkan tabung gas LPG di rumah Anda. Sediakan ruang atau space yang cukup untuk menampung tabung-tabung tersebut. Setelah itu, para pembeli akan berdatangan ke rumah Anda. Apalagi saat ini mencari tabung LPG cukup sulit dan selalu habis dimana-mana. Untuk itu usaha ini sangat menjanjikan untuk Anda.

Itulah berbagai rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan. Cukup banyak bukan pilihan usaha yang bisa Anda jalankan di pedesaan? Dengan berbagai usaha ini, Anda bisa mendapatkan pemasukan yang menggiurkan. Tentunya pilih salah satu usaha tersebut, siapkan modal, dan jalankan. Selamat mencoba berbagai usaha ini ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.