Inilah 9 Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan, Apa Saja?

  • Bagikan
usaha yang jarang tapi dibutuhkan

Menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur memang terbilang menjanjikan. Ada banyak bidang yang bisa Anda geluti sebagai pengusaha. Mulai dari makanan, pakaian, bahkan di bidang jasa. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis usaha yang jarang tapi dibutuhkan di Indonesia? Ya, jenis usaha tersebut mungkin tidak terbesit pada banyak orang. Akan tetapi, sebenarnya keberadaan berbagai usaha ini bisa sangat membantu keseharian dan kebutuhan. Selain itu, peluang dari berbagai usaha ini juga tergolong sangat besar untuk Anda jalankan. Apa saja usaha tersebut?

9 Daftar Usaha yang Jarang Tapi Dibutuhkan

Jika Anda bingung mencari rekomendasi atau inspirasi usaha, inilah beberapa daftar usaha yang jarang namun banyak yang membutuhkannya:

1. Jasa Editing Konten dan Pembuatan Konten

usaha yang jarang tapi dibutuhkan
(sumber gambar: amazonaws.com)

Rekomendasi yang pertama adalah jasa editing konten dan juga pembuatan konten. Pada era yang sangat maju seperti sekarang, menjadi content creator merupakan profesi yang menjanjikan. Baik itu content creator di Instagram, Twitter, Facebook, ataupun Youtube. Sayangnya, ada sebagian orang yang tidak memiliki keahlian untuk membuat atau mengedit konten tersebut.

Mereka cenderung hanya ingin menerima ketika kontennya sudah jadi dan baru mereka posting di media sosial. Kondisi inilah yang membuka peluang baru bagi para entreprenur. Anda bisa memulai usaha sebagai orang yang membuat konten atau mengeditnya. Setelah project selesai, maka Anda serahkan pekerjaan tersebut ke klien dan nantinya Anda mendapatkan bayaran sesuai pekerjaan tersebut.

Misalnya, mengedit video dari seorang Youtuber. Banyak orang yang bisa menjadi Youtuber tapi tidak tahu bagaimana cara mengedit video yang baik dan benar. Nah, inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai ladang untuk mencari penghasilan yaitu dengan menjadi video editor. Selain youtube, Anda juga bisa menjadi orang yang membuat atau mengedit konten di instagram, twitter, dan lain sebagainya. Usaha ini bergerak pada bidang jasa.

2. Toko Obat Herbal

Untuk usaha yang satu ini akan lebih sesuai Anda terapkan apabila Anda tinggal di lingkungan pedesaan. Sebab, peminat dari obat herbal di pedesaan akan cenderung lebih tinggi dari pada di perkotaan. Hanya saja, belum banyak orang yang bisa menjual produk herbal. Nah, inilah yang bisa menjadi peluang bagi Anda untuk membuka sebuah toko herbal.

Dalam toko herbal ini Anda bisa menjajakan berbagai obat yang bersifat herbal. Anda bisa membeli stoknya di kota kemudian Anda jual di sekitar tempat tinggal Anda. Selain itu, Anda juga bisa menjadi reseller ataupun dropshipper obat herbal. Manfaatkan rumah Anda sendiri sebagai tokonya jika Anda tidak memiliki toko. Namun jika ingin membangunnya, maka Anda juga bisa membangun sebuah toko herbal dari awal. Hanya saja modal yang Anda butuhkan tentu akan jauh lebih besar.

3. Jasa Penitipan Hewan Peliharaan

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya adalah jasa penitipan hewan peliharaan. Banyak orang yang memiliki hewan peliharaan, terutama di wilayah perkotaan. Sayangnya, ketika memiliki acara atau harus meninggalkan rumah, pemilih hewan akan kebingungan untuk menitipkan hewan mereka. Inilah yang bisa menjadi peluang bagi Anda.

Selain itu, jasa penitipan hewan ini juga cenderung masih minim sekali. Anda bisa memiliki peluang untuk laris besar apabila bisa membuka jasa penitipan hewan. Anda hanya perlu untuk  menyediakan banyak space atau ruangan untuk meletakkan hewan peliharaan. Bisa dalam bentuk ruangan yang besar ataupun kandang-kandang hewan yang Anda susun secara rapi.

Dengan adanya usaha ini, pemilik hewan peliharaan bisa menitipkan hewannya pada Anda tanpa harus khawatir ketika harus pergi dari rumah. Anda juga bisa menambahkan fasilitas tambahan seperti grooming, fasilitas bermain untuk hewan, dan lain sebagainya agar jasa yang Anda tawarkan lebih beragam. Dengan begitu, usaha Anda menjadi lebih berkembang.

4. Usaha Jasa Service Motor dan Mobil ke Rumah

Usaha jasa service motor ataupun mobil memang sudah banyak. Akan tetapi, jasa yang bisa Anda panggil ke rumah tentu masih sedikit. Padahal, pada kondisi pandemi seperti ini, jasa seperti ini akan banyak peminatnya. Motor dan mobil notabenenya membutuhkan service secara berkala, untuk melihat bagaimana kondisi mesin dan performanya.  Apabila tidak bisa keluar rumah, maka service motor atau mobil bisa menjadi terganggu karena tidak bisa ke bengkel.

Namun, jika Anda membuka layanan service kendaraan di rumah, hal ini tentu berbeda cerita. Dengan layanan yang Anda tawarkan, pemilik kendaraan bisa dengan mudah menghubungi Anda untuk memeriksa kendaraan mereka. Setelah itu, Anda bisa datang ke rumah pelanggan dengan membawa peralatan dan memulai service di rumah pelanggan. Pasti akan sangat banyak pelanggan yang membutuhkan jasa semacam ini.

Baca Juga: Cara Sukses Jualan Online Tanpa Ribet di Tahun 2021

5. Kru Youtube Profesional

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya adalah jasa kru Youtube profesional. Ada sebagian orang yang memiliki channel Youtube dan modal yang cukup besar, namun kekurangan kru untuk membuat konten. Nah, daripada mencari satu per satu kru tersebut, Anda bisa menyediakan jasa kru Youtube profesional yang lengkap. Mulai dari cameraman, video editor, dan posisi lainnya. Pasti banyak orang yang membutuhkan jasa seperti ini.

6. Usaha Jasa Pembuatan Animasi

usaha yang jarang tapi dibutuhkan
(sumber gambar: idseducation.com)

Animasi berbentuk 2 dimensi ataupun 3 dimensi memang selalu banyak yang membutuhkan. Entah untuk kebutuhan promosi, kampanye, ataupun kebutuhan lainnya, banyak orang yang mencari seorang animator. Apalagi memang tidak semua orang memiliki skill dan talenta untuk menggambar. Nah, jika Anda memiliki keahlian ini, membuka usaha jasa pembuatan animasi tentu sangat potensial untuk Anda.

Anda bisa memasarkan hasil karya Anda melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya. Buatlah portofolio terlebih dahulu agar calon klien bisa melihat bagaimana hasil kerja Anda. Setelah itu, barulah promosikan jasa animasi Anda. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai situs freelance untuk mencari klien.

7. Sewa Kamera

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan selanjutnya adalah sewa kamera. Saat ini, kamera memang menjadi benda elektronik yang sangat penting. Baik untuk video ataupun foto, banyak orang yang membutuhkan kamera bagi keperluan mereka. Sayangnya, tidak semuanya juga memiliki kamera. Nah, hal ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha jasa sewa kamera.

Anda bisa mengumpulkan beberapa jenis kamera baik yang bersifat profesional ataupun kamera biasa. Setelah itu, tentukan harga sewa dari masing-masing kamera tersebut. Misalnya untuk kamera Fuji Anda hargai 120 ribu untuk 12 jamnya, dan lain sebagainya. Untuk menghindari kejadian penipuan atau resiko pencurian kamera, Anda bisa meminta pelanggan untuk meletakkan KTP atau kartu identitas lain sebagai jaminan.

8. Menjual Produk Pertanian Organik

Memang banyak yang menjual produk pertanian, namun produk pertanian yang organik masih sangat sedikit. Padahal, peminat dari produk pertanian yang organik sudah semakin tinggi di Indonesia. Tingginya permintaan namun produsennya masih sedikit, membuat peluang usaha ini masih sangat besar untuk Anda coba.

Untuk produk pertaniannya sendiri, Anda bisa mengambil dari petani atau menanam sendiri sayuran atau buah organiknya. Dengan memanfaatkan metode menanam hidroponik, Anda bisa mendapatkan panen pertanian organik berupa sayur atau buah dengan mudah.

Apalagi hidroponik juga tidak membutuhkan lahan yang luas.  Untuk hasil panennya nanti, bisa Anda jual dengan sistem berjualan online, membuka toko sendiri, atau Anda pasarkan ke berbagai swalayan atau supermarket terdekat. Sangat fleksibel bukan?

9. Produk Makanan dan Minuman Sehat

Usaha yang jarang tapi dibutuhkan yang terakhir adalah dalam bidang makanan dan minuman. Semenjak adanya pandemi virus Corona, kesadaran masyarakat akan kesehatan memang semakin meningkat. Termasuk dalam makanan sehat yang mereka konsumsi. Sayangnya, belum banyak orang yang bisa memberikan produk makanan atau minuman yang sehat dan bernutrisi.

Kebanyakan makanan atau minuman yang ada masih sebatas makanan dan minuman biasa tanpa mempertimbangkan kandungan gizi atau nutrisinya. Nah, inilah yang harus Anda manfaatkan dan membuka usaha makanan atau minuman sehat. Contohnya adalah catering makanan sehat tanpa MSG, atau usaha menjual minuman jus siap minum yang sehat.

Nah, itulah beberapa rekomendasi usaha yang jarang namun ternyata sangat banyak yang membutuhkan. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satunya? Jika iya, semoga informasi ini bisa menjadi referensi terbaik untuk Anda dan selamat mencoba usaha tersebut ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.