Daftar 6 Usaha yang Menguntungkan di Desa, Berani Coba?

  • Bagikan
usaha yang menguntungkan di desa

Jika ada yang berpendapat jika mendirikan usaha harus di kota, maka persepsi ini tidaklah benar. Sebab, pada dasarnya Anda juga bisa memulai usaha di desa. Anda juga tidak perlu khawatir dalam mencari peluangnya. Karena ada banyak sekali usaha yang menguntungkan di desa dan bisa Anda coba.

Selain untuk mendapatkan keuntungan, dengan mendirikan usaha di desa Anda juga bisa berkontribusi dalam mendorong kegiatan ekonomi di desa lho. Apalagi jika Anda bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Tentu hal ini akan menjadi kontribusi yang sangat besar. Lalu, apa saja usaha yang bisa Anda jalankan di desa? Yuk, simak ulasan lengkapnya!

6 Usaha yang Menguntungkan di Desa

usaha yang menguntungkan di desa
(sumber gambar: kolomsatu.com)

Inilah beberapa peluang usaha di desa yang bisa Anda jalankan:

1. Menjual Hijab

Bagi umat muslim khususnya para wanita, hijab tentu menjadi produk yang harus mereka miliki. Banyak masyarakat desa yang umumnya harus pergi ke toko besar, pasar, atau bahkan kota untuk membeli hijab. Apalagi untuk mencari hijab model terbaru yang mengikuti perkembangan trend. Nah, inilah peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan.

Jika Anda bisa membuka toko hijab di daerah desa, tentu banyak orang yang menjadi tidak harus keluar jauh-jauh untuk membeli hijab bukan? Agar lebih laku lagi, Anda juga bisa mencari hijab dengan model yang kekinian dan paling update. Untuk media promosi, Anda juga bisa memanfaatkan banyak media. Mulai dari lewat media sosial seperti instagram, whatsapp, dan facebook.

Anda juga bisa memanfaatkan cara promosi lain seperti media cetak seperti baliho, spanduk, banner, dan lain sebagainya. Jika hijab yang Anda jual bagus dan berkualitas, bukan tidak mungkin pembeli juga akan menyebarkan informasi tentang toko Anda ke warga desa lainnya. Jadi, kualitas dan keramahan dalam melayani pembeli jadi faktor yang harus selalu Anda jaga.

2. Berjualan Pulsa dan Paket Data

Usaha yang menguntungkan di desa selanjutnya adalah berjualan pulsa dan paket data atau kuota. Saat ini, koneksi internet dan pulsa menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang, tidak terkecuali masyarakat desa. Nah umumnya, banyak sekali pedesaan yang belum memiliki counter pulsa atau toko berjualan pulsa. Padahal kebutuhan akan adanya pulsa akan sangat tinggi.

Inilah yang bisa menjadi peluang usaha yang bisa Anda manfaatkan dengan efektif. Cobalah berjualan pulsa dan paket data di desa. Untuk lokasi usaha, Anda bisa memanfaatkan rumah atau bagian teras rumah untuk membuka toko kecil-kecilan. Agar bisa menjual pulsa, Anda juga cukup mendaftarkan diri sebagai agen pulsa di toko pulsa besar yang ada di kota.

Modal yang harus Anda keluarkan untuk usaha ini juga terbilang cukup terjangkau lho. Bahkan tidak sampai 2 juta rupiah Anda sudah bisa memulai usaha ini. Modal tersebut untuk membeli deposit pulsa, kartu perdana, voucher paket data, dan juga etalase kaca kecil untuk tempat menaruh kartu perdana dan voucher paket data.

Seiring berkembangnua usaha, jika Anda memiliki modal lebih besar Anda juga bisa semakin melebarkan usaha Anda ini. Caranya adalah dengan menambah barang yang Anda jual. Misalnya menjual aksesoris handphone bahkan menjual handphone baru maupun bekas. Jadi, toko pulsa yang Anda miliki jadi semakin lengkap.

3.  Usaha Ternak Ayam

Peluang usaha selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah usaha ternak ayam. Desa umumnya akan memiliki lahan yang luas, termasuk rumah Anda. Nah, luasnya lahan ini bisa Anda manfaatkan untuk beternak ayam. Mengapa ayam? Karena ayam adalah salah satu komoditas hewan yang sangat banyak permintaannya. Baik itu ayam petelur, pedaging, mapun ayam kampung.

Anda bisa memilih jenis ayam sesuai dengan preferensi dan budget modal yang Anda miliki. Skala ternak juga bisa Anda sesuaikan sendiri, bisa skala menengah maupun langsung skala besar dengan membangun peternakan yang besar. Hasil ternak ayam nantinya bisa Anda jual pada tetangga sekitar ataupun ada agen yang akan menjualnya kembali.

4. POM Mini (Pertamini)

Bahan bakar kendaraan tentu menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi siapa saja, termasuk warga desa. Sayangnya, wilayah pedesaan seringkali memiliki jarak yang cukup jauh dari SPBU. Hal ini membuat banyak warga yang ingin mengisi bahan bakar kendaraan mereka harus pergi ke SPBU lebih dulu. Untuk solusi dari permasalahan ini, Anda bisa membuka usaha POM mini atau Pertamini.

Untuk bisa menjalankan usaha ini, Anda harus bekerjasama atau menjalin kemitraan dengan pertamina. Anda bisa mendatangi langsung SPBU atau agen bahan bakar kendaraan dan mendaftarkan diri menjadi agen. Selanjutnya Anda harus menyetorkan biaya atau modal awal yang nantinya akan ditukar dengan perlengkapan berjualan bahan bakar.

Perlengkapan tersebut adalah adanya booth atau mesin pengisian bahan bakar kendaraan seperti di SPBU namun dalam ukuran yang lebih kecil. Nantinya mesin ini bisa Anda dirikan di depan rumah. Dengan begitu, masyarakat sekitar yang membutuhkan bahan bakar bisa langsung mendatangi rumah Anda. Modal yang Anda butuhkan umumnya berkisar antara 8 sampai 10 juta rupiah.

Baca Juga: 8 Usaha yang Langka Tapi Menguntungkan, Berani Coba?

5. Tempat Nongkrong

Usaha yang menguntungkan di desa yang satu ini akan menyasar para pemuda pemudi di desa yang hobi nongkrong. Untuk menghabiskan waktu, banyak pemuda pemudi yang nongkrong dan bercengkerama dengan teman-temannya. Nah, inilah yang bisa menjadi ladang usaha bagi Anda untuk mendirikan tempat nongkrong yang bagus.

Tempat nongkrong ini bisa dalam bentuk warung kopi, angkringan, tempat makan, dan lain sebagainya. Untuk memulai usaha ini Anda memang harus mengeluarkan modal yang cukup besar apalagi jika rumah Anda tidak menjadi lokasi usaha. Dalam artian, Anda harus membangun lagi tempat khusus untuk usaha.

Namun, keuntungan yang nantinya Anda peroleh juga akan sebanding dengan modal yang harus Anda keluarkan. Apalagi jika tempat nongkrong itu memiliki view yang bagus atau instagramable. Maka akan semakin banyak pemuda pemudi yang mengunjungi usaha tempat nongkrong Anda.

6. Sub Agen LPG 3 Kilogram

Sebagai bahan untuk memasak, permintaan dan kebutuhan terhadap LPG 3 kg tentu akan sangat tinggi, termasuk di desa. Sayangnya, belum banyak orang yang bisa menjadi sub agen LPG tersebut. Akibatnya masyarakat harus keluar terlebih dahulu ke lokasi yang agak jauh dari tempat tinggal mereka untuk mencari LPG. Nah, inilah yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha yang menguntungkan di desa.

Agar bisa memulai usaha ini, Anda cukup mendaftarkan diri menjadi seorang sub agen LPG 3 kilogram ke agen LPG atau SPBU yang umumnya berada di kota. Nantinya Anda harus mengisi berbagai persyaratan administrasi supaya bisa menjadi sub agen. Jika sudah mendapatkan izin, barulah Anda bisa menjadi pengecer LPG 3 kg.

Benarkah Usaha di Desa Menguntungkan?

usaha yang menguntungkan di desa
(sumber gambar: kolomsatu.com)

Setelah mengetahui apa saja rekomendasi usaha yang bisa Anda pilih, Anda pasti bertanya-tanya apakah benar usaha di desa menguntungkan. Maka jawabannya adalah iya. Setidaknya ada beberapa alasan yang membuat usaha di desa menjadi menguntungkan:

  1. Masih banyak peluang usaha di desa yang belum ada yang menjalankan. Akibatnya, persaingan untuk mendapat pelanggan lebih sedikit
  2. Kebutuhan masyarakat desa terbilang banyak dan sulit untuk memenuhinya karena harus pergi keluar desa lebih dulu
  3. Arah perubahan yang mau tidak mau membawa desa harus berinovasi ke arah yang modern. Hal ini membuat banyak usaha yang lebih modern juga sangat desa butuhkan untuk menghadirkan perubahan tersebut
  4. Tersedia banyak sekali Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya bisa Anda pekerjakan
  5. Anda bisa turut serta memajukan perekonomian desa dengan membuka lapangan pekerjaan bagi banyak masyarakat
  6. Sifat masyarakat desa yang umumnya fleksibel dan terbuka dengan hal-hal yang baru

Dengan 6 (enam) alasan tersebut, Anda tidak perlu khawatir ketika ingin membuka suaatu usaha di desa. Asalkan Anda tau apa yang menjadi kebutuhan masyarakat sekitar dan Anda bisa menyediakan hal itu, maka usaha yang Anda rintis juga akan bisa meraih kesuksesan.

Selebihnya, berbagai peluang usaha yang menguntungkan di desa yang sudah kami jelaskan di atas, bisa Anda jadikan inspirasi dan referensi usaha. Sisanya adalah menyiapkan modal, tekad, ketekunan, dan kerja keras untuk bisa membangun usaha ini supaya bisa laris dan ramai di desa. Jadi, manakah usaha di desa yang menarik minat Anda?

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.