Jangan Anggap Remeh, Inilah 6 Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

  • Bagikan
usaha yang menjanjikan di masa depan

Menjadi pengusaha atau entrepreneur memang menjadi pilihan profesi yang menjanjikan dan bisa Anda tekuni. Apalagi ada banyak sekali peluang usaha yang masih terbuka lebar. Mulai dari usaha di bidang kuliner, jasa, fashion, dan lain sebagainya. Ada pula berbagai usaha yang ternyata berpotensi bagus hingga masa depan. Dengan memilih usaha ini Anda akan dapat membangun sebuah usaha yang stabil dan prospeknya bagus. Lalu, apa saja usaha yang menjanjikan di masa depan itu?

6 Usaha yang Menjanjikan di Masa Depan

Nah bagi Anda yang tertarik untuk menjadi seorang pengusaha, inilah beberapa usaha yang bisa Anda geluti dan memiliki prospek yang bagus:

1. Usaha di Bidang Kesehatan

Kesehatan adalah bagian penting dalam kehidupan manusia. Atas dasar kebutuhan untuk menjaga kesehatan itulah, usaha di bidang ini tidak akan pernah ada matinya. Apalagi saat ini dunia sedang menghadapi pandemi COVID-19 yang membuat industri kesehatan semakin meningkat pesar. Untuk jenis usaha ini sendiri juga sangat beragam dan bermacam-macam.

Anda bisa mencoba memulai usaha menjual peralatan kesehatan, mendirikan apotek, atau pun mendirikan Rumah Sakit. Semua jenis usaha tersebut pasti akan memiliki prospek yang sangat baik dan tidak terikat trend apapun. Meski begitu, Anda juga harus paham bahwa untuk membuka usaha di bidang kesehatan memang membutuhkan modal yang besar. Pasalnya, harga peralatan kesehatan juga terbilang mahal.

Anda harus menyiapkan modal yang terbilang besar agar bisa menjalankan usaha di bidang kesehatan ini. Baik itu pendirian Rumah Sakit, membuka toko peralatan kesehatan, ataupun apotek. Namun tentu modal yang besar ini nantinya akan terbayar dengan potensi keuntungan yang juga besar. Mengingat semua orang pasti akan membutuhkan alat-alat kesehatan atau obat ketika mereka sakit.

Selain itu, selalu ingat bahwa persaingan di sektor ini tidaklah kecil. Untuk itu, Anda harus benar-benar berkomitmen dan sungguh-sungguh mencipatkan inovasi yang membuat usaha Anda bisa memenangkan persaingan.  Dengan begitu, usaha yang Anda miliki bisa memiliki prospek yang panjang.

2. Penyewaan Peralatan Multimedia

usaha yang menjanjikan di masa depan
(sumber gambar: learenglishteens.britishcouncil.org)

Usaha yang menjanjikan di masa depan selanjutnya adalah usaha penyewaan peralatan multimedia. Pada era dimana media sosial sangat berkembang pesat, peralatan multimedia juga semakin banyak yang membutuhkan. Peralatan multimedia tersebut contohnya seperti kamera, lighting, camrecorder, sound recorder, dan lain sebagainya. Intinya adalah peralatan yang berkaitan dengan proses pengambilan video maupun foto.

Usaha ini menjadi sangat menjanjikan karena tidak semua orang memiliki peralatan multimedia untuk menjalankan kebutuhan mereka. Sebut saja untuk kegiatan seorang Youtuber, selebgram, dan lain sebagainya yang notabenenya membutuhkan peralatan-peralatan tersebut. Nah, inilah yang bisa menjadi peluang usaha bagi Anda untuk menyewakan peralatan tersebut.

Untuk keuntungan dari usaha ini sendiri bisa Anda dapatkan dari sewa yang Anda tetapkan untuk setiap peralatan. Misalnya harga sewa kamera DSLR per 1 harinya adalah 100 ribu, kemudian peralatan sound recorder harga sewa per 1 harinya adalah 50 ribu dan lain sebagainya. Sebagai jaminan barang agar tidak ada penipuan, Anda bisa meminta penyewa untuk meninggalkan salah satu kartu identitas mereka saat menyewa perlengkapan tersebut.

3. Usaha Pembuatan Website

Usaha selanjutnya adalah jasa pembuatan website. Seiring pesatnya perkembangan digital marketing, mau tidak mau keberadaan website menjadi lebih penting. Apalagi untuk para pemilik usaha, website akan sangat membantu promosi produk yang mereka tawarkan. Website memang sangat multiguna dan bisa Anda gunakan untuk hal apa saja. Baik membagikan informasi biasa atau sebagai sarana promosi digital.

Sayangnya, meski banyak yang membutuhkan, tidak semua orang memiliki keahlian untuk membangun websitenya sendiri. Inilah yang bisa menjadi peluang usaha bagi Anda untuk merintis usaha pembuatan website. Terutama bagi Anda yang merupakan lulusan jurusan kuliah yang memiliki kemampuan dalam hal membangun website.

Untuk memulai usaha ini juga merupakan hal yang cukup mudah. Anda bisa memulai usaha ini dari mana saja bahkan hanya dari rumah. Sebab, kebutuhan utama agar usaha ini bisa berjalan adalah adanya komputer atau laptop dan juga sambungan internet. Setelah itu, barulah skill Anda yang menjalankan tugasnya untuk membangun website sesuai kebutuhan client.

Untuk keuntungan yang akan Anda dapatkan juga bisa Anda atur sendiri. Harga tentu berdasarkan tingkat kesulitan pembuatan website, lama pengerjaan, request khusus dari client, dan lain sebagainya. Kuncinya, cari client sebanyak mungkin karena semakin banyak client, maka semakin besar pemasukan yang bisa Anda dapatkan.

Baca Juga: Contoh Proposal Usaha Makanan yang Ampuh Tarik Investor!

4. Usaha Jasa Dekorasi Acara dan Dokumentasi

Usaha yang menjanjikan di masa depan selanjutnya adalah usaha jasa dekorasi acara dan juga dokumentasi acara. Banyak orang menginginkan dekorasi yang bagus saat memiliki acara. Mulai dari acara ulang tahun hingga acara besar seperti pernikahan, pasti membutuhkan adanya dekorasi yang bagus. Sayangnya, tidak semua orang bisa mendekorasi sendiri acara mereka, sementara itu akan selalu ada acara yang berlangsung.

Hal inilah yang membuat jasa dekorasi menjadi usaha yang sangat menjanjikan di masa depan. Saat menjalankan usaha ini, maka Anda akan membuatkan dekorasi bagi kebutuhan acara client yang bagus dan sesuai permintaannya. Agar lebih lengkap, umumnya usaha ini juga sudah satu paket dengan jasa dokumentasi acara. Mulai dari foto maupun video. Jadi dalam satu kali sewa, pelanggan sudah bisa mendapatkan dekorasi yang cantik sekaligus dokumentasi yang lengkap.

Untuk harganya sendiri bisa Anda sesuaikan dengan tingkat kerumitan dan besarnya dekorasi yang ada, kebutuhan dokumentasi, dan hal lain yang mendasarinya. Baru setelahh itu Anda bisa memperhitungkan berapa tarif yang Anda patok. Umumnya untuk usaha ini berkisar dari jutaan sampai puluhan juta rupiah.

5. Usaha Laundry Baju dan Sepatu

usaha yang menjanjikan di masa depan
(sumber gambar: liputan6.com)

Rekomendasi usaha selanjutnya adalah usaha laundry baju dan sepatu. Di tengah gaya hidup yang semakin cepat dan sibuk, banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk mengurus kebutuhan mereka, contohnya mencuci. Terlalu sibuk adalah alasan yang paling banyak membuat orang menjadi malas untuk mencuci sendiri pakaian dan sepatu mereka. Hal inilah yang bisa menjadi ladang usaha menjanjikan bagi Anda.

Usaha laundry baju dan sepatu ini juga terbilang tidak akan ada matinya. Akan selalu banyak orang yang membutuhkan jasa ini. Potensi keuntungan yang Anda hasilkan juga terbilang cukup besar, apalagi jika di daerah perkotaan. Hal yang Anda butuhkan agar usaha ini bisa berdiri tentunya adalah mesin cuci, deterjen, parfum, dan juga bantuan karyawan.

6. Usaha Agen Travel dan Tour Guide 

Siapa yang tidak membutuhkan rekreasi? Pasti semua orang butuh rekreasi dan berlibur untuk meringankan pikiran dan refreshing. Hal inilah yang melatar belakangi mengapa usaha di bidang pariwisata seperti agen travel dan tour guide memiliki peluang yang sangat besar di masa depan. Untuk agen travel, Anda bisa memberikan banyak sekali layanan yang memudahkan pelanggan saat akan berlibur.

Layanan tersebut meliputi booking tiket transportasi (darat, udara, laut), booking hotel atau penginapan, sewa transportasi seperti mobil atau sepeda motor, dan lain sebagainya. Dengan jasa yang Anda tawarkan, pelanggan bisa menjadi lebih mudah saat akan berlibur. Selain itu Anda juga bisa melengkapi layanan agen travel Anda dengan jasa tour guide. 

Sebenarnya untuk tour guide ini sifatnya opsional. Anda bisa membangun sendiri usaha yang berfokus di bidang penyediaan jasa tour guide namun juga bisa Anda satukan dengan agen travel. Prinsipnya tour guide adalah orang yang akan mendampingi perjalanan seorang wisatawan. Banyak orang yang membutuhkan tour guide agar perjalanan yang mereka lakukan bisa berjalan lancar dan bisa mengedukasi mereka tentang tempat wisata yang sedang mereka kunjungi.

Meskipun saat ini sedang pandemi dan sektor pariwisata masih lesu, namun prospeknya tetap akan menjanjikan di masa depan. Apalagi jika pandemi sudah selesai, maka akan banyak sekali orang yang berlibur setelah sekian lama berdiam diri di rumah.

Itulah beberapa usaha yang menjanjikan di masa depan. Meski terlihat remeh, berbagai usaha ini bisa mendatangkan keuntungan yang besar bagi Anda. Apalagi jika Anda menjalankannya dengan tekun dan sungguh-sungguh. Jadi, manakah usaha yang ingin Anda tekuni? Semoga bisa menjadi inspirasi yang bagus ya!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.